Arti Nama Indonesia, Nusantara dan Asal-Usulnya

Arti Nama Indonesia, Nusantara dan Asal-Usulnya

gajah mada sedang bersemedi di madakaripuraNama Nusantara berasal dari dua kata bahasa Sanskerta, yaitu nusa yang berarti “pulau” dan antara yang berarti “luar”. Nusantara digunakan untuk menyebut pulau-pulau di luar Majapahit (Jawa). Perkataan Nusantara kita dapatkan dari Sumpah Palapa Patih Gajah Mada yang diucapkan dalam upacara pengangkatannya menjadi Patih Amangkubhumi Kerajaan Majapahit (tahun 1258 Saka/1336 M) yang tertulis di dalam Kitab Pararaton (Raja-raja):
Sira Gajah Mada Patih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, sira Gajah Mada, “Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Tañjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa”.
(Beliau Gajah Mada Patih Amangkubumi tidak ingin melepaskan puasa. Ia Gajah Mada, “Jika telah mengalahkan nusantara, saya (baru akan) melepaskan puasa. Jika mengalahkan Gurun, Seran, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikianlah saya (baru akan) melepaskan puasa”.)
  • Gurun = Nusa Penida
  • Seran = Seram
  • Tañjung Pura = Kerajaan Tanjungpura, Ketapang, Kalimantan Barat
  • Haru = Sumatra Utara (ada kemungkinan merujuk kepada Karo)
  • Pahang = Pahang di Semenanjung Melayu
  • Dompo = Dompu, sebuah daerah/kabupaten di pulau Sumbawa
  • Bali = Bali
  • Sunda = Kerajaan Sunda
  • Palembang = Palembang atau Kerajaan Sriwijaya
  • Tumasik = Singapura
Dapat dikatakan penamaan nusantara ini adalah berdasarkan sudut pandang Majapahit (Jawa), mengingat pada waktu itu belum ada sebutan yang pasti untuk menyebut seluruh kepulauan yang sekarang bernama Indonesia dan juga Malaysia). Sebutan Nusantara pernah coba dihidupkan oleh Ki Hajar Dewantara untuk mengggantikan sebutan Hindia Belanda (Nederlandsch-Indie), namun setelah disetujuinya penggunaan sebutan Indonesia oleh Kongres Pemuda Indonesia (dalam Sumpah Pemuda) tahun 1928, sebutan Nusantara digunakan sebagai sinonim untuk menyebut kepulauan Indonesia.
Nama Indonesia berasal dari dua kata bahasa Yunani, yaitu indo/indu yang berarti Hindu/Hindia dan nesia/nesos yang berarti pulau.

Sejarah dan Arti Nama Indonesia (diringkas dari Wikipedia)

Orang yang pertama kali memperkenalkan nama Indonesia adalah orang Inggris bernama George Samuel Windsor Earl dalam tulisannya yang berjudul “On the Leading Characteristics of the Papuan, Australian and Malay-Polynesian Nations” pada tahun 1850 di Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia (JIAEA), terbitan Singapura.
indonesian archipelago mapDalam tulisan tersebut Earl mengusulkan dua alternatif nama untuk menggantikan sebutan Hindia (Indie/India), yaitu Malayunesia dan Indunesia. Earl sendiri lebih menyukai menggunakan sebutan Malayunesia mengingat bahasa pergaulan (lingua franca) di kepulauan ini adalah bahasa Melayu. Selanjutnya Richardson Logan mengambil nama Indonesia dari Earl dan untuk alasan kenyamanan pelafalan, ia mengganti huruf u menjadi o. Untuk pertama kalinya nama Indonesia muncul di dunia internasional melalui tulisan Logan di JIAEA (1850) yang berjudul “The Ethnology of the Indian Archipelago”.
Tahun 1884 Adolf Bastian dari Universitas Berlin menerbitkan buku sebanyak lima volume dengan judul Indonesien oder die Inseln des Malayischen Archipel (Indonesia atau Pulau-pulau di Kepulauan Melayu). Buku inilah yang membuat nama Indonesia menjadi popular di kalangan cendekiawan Belanda, sehingga membuat sebagian kalangan salah mengira bahwa nama Indonesia diciptakan oleh Bastian, padahal ia mengambil istilah tersebut dari tulisan-tulisan Logan. Pada akhirnya istilah Indonesia tersebut sampai ke tangan orang-orang Indonesia pada awal abad ke-20 dan menjadi indentitas bagi sebuah bangsa yang memperjuangkan kemerdekaan dari penjajahan Belanda.

47 Responses to Arti Nama Indonesia, Nusantara dan Asal-Usulnya

  1. dedylisember says:

    maju terus nusantaraku……

  2. sam soel says:

    yang dimaksud dengan kata “gurun” sebenarnya bukan nusa penida tapi itu adalah nama sebuah daerah yang bersebelahan dengan “seran” (pulau seram) di maluku yang sekarang bernama goran/gorom karena dahulu kala nama goran/gorom sering disebut dengan nama “gurun” dan nama gorom kalau dalam bahasa aslinya masih disebut “goran” bukan gorom. Gorom hanya sebutan dari “goran” yang sudah dimelayukan dan biasanya juga “goran” dan “seran” dipanggil tidak terpisah yaitu “goran seran” yang artinya pulau gorom dan pulau seram jadi kata “gurun” adalah nama lain dari “goran atau gorom” makanya dalam sumpah tersebut kata “gurun dan seran” juga ditulis bersebelahan.

  3. Mas Ikang says:

    apapun namamu…kecintaan ku ga akan luntur..
    inilah bumi Nusantara Indonesia..
    mercusuarnya DUNIA…

  4. che-monk says:

    Merdeka Indonesia Ku….

  5. Suardika says:

    Merdeka NUSANTARA

  6. trima kasih untuk infonya..

  7. “NUSANTARA SEGERALAH BANGKIT KAMI MERINDUKANMU”

  8. Mesolaros says:

    Nusantara Atlantis yang hilang, I love U Nusantaraku….

  9. yitmo says:

    Jayalah Nusantara

  10. Ridho Riski says:

    indo=campuran
    nesia=wilayah/negara

  11. ivon says:

    Gak kreatif nama negara aja dari orang luar

  12. Dwi Laksono says:

    Info yang sangat penting untuk menumbuhkan rasa cinta pada negeri kita INDONESIA…!!!

  13. maria desi says:

    nusantara pasti kan arah terbangmu tidak melenceng lagi.

  14. TisNa says:

    INDONESIA
    BURUNG GARUDA
    PANCA SILA

    Indonsia-jawa barat->Sunda->
    GarSel

  15. Yahya fidaus says:

    Ayo nusantara, kita arungi sampai ke batas cakrawala, kita terjang badai di lepas samudra, dan kau surga yang tiada tara

  16. gunet bedali says:

    Saya sangat terkesan dan perlu untuk menjunjung tinggi sejarah berdirinya “INDONESIA“ ini. Apalagi tekatnya Gajahmada untuk mempersatukan bangsa bangsa melayu. Dan pertanyaan saya: mampukah para generasi sekarang ini menjaga keutuhan “Indonesia“ ?

  17. armansyah says:

    ni baru postingan,
    thanks gua copas ea

  18. hug me says:

    jadi yang menamakan Indonesia itu bukan orang Indonesia sendiri, namun nama Indonesia sudah membumbung tinggi di daratan eropa,, , , sebuah cerita sejarah yang sangat luar biasa

  19. akhmad sarifudin says:

    menurut Arkand Bodhana Zeshaprajna ahli metafisika yg jg ikut membantu timnas u19, kata indonesia secara struktur kata itu tdk baik karena akan menimbulkan perpecahan (contoh:timur leste), akan lebik baik jika negara kita memakai nama NUSANTARA.
    untuk info lbh lengkapnya silahkan kunjungi arkand.com

  20. doni says:

    Aku lebih seneng dan tertarik penggantian nama indonesia menjadi nusantara. Jayalah nusantaraku..
    Makasih mas bro infonya.
    Silahkan klo berkunjung ke blog ku
    Donisadewa.blogspot.com

  21. muthohir says:

    nusantara aja lah …!karna dengan nama itu ….dunia …lebih mengenal ….!setuju…! lagi pula ..kalau nana indonesia …dunia akan tengok ke 1928-1945…tapi kalau NUSANTARA ..kita akan tengok di era 1300 masehi ,,,!

  22. faisal says:

    aku lebih suka nama yg dicetuskan gajah mada drpd org barat

  23. Napaya bukn nusantara aja yg d pake kalo indonesia terxta artx gt kn negara kta ad bxk agama masak hindu hindia kn lebh baik nusantara

  24. Umi Hidayah says:

    Aku kangen dengan sebutan Nusantara. Sebutan asli rumpun kita. NUSANTARA..KU

  25. ichsan290 says:

    bangkitlah wahai NUSANTARA ku dari tidur panjangmu….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  26. fadilla says:

    Sama lebih menyukai INDONESIA di ganti menjadi NUSATARA. Meski di ganti punn saya masih AMAT SANGAT MENCINTAINYAA… oleh karena itu.. untuk karena saya mencintai tanah melahiran saya.. lebih baik berganti nama. DEMI KEBAIKAN DAN BISA LEBIH BERUBAH BANGSA KITA INI DENGAN NAMA YANG BARUUUU.. mungkin dengan nama baru nama para MAFIA HUKUM bisa keluar satu persatu

  27. andika says:

    trimaakasih bumi nusantara atas keindahan alam yng kw berikan.

  28. ahmad juliansyah says:

    Pejuang kemerdekaan kita sdh memerdekakan indonesia dari PORTUGIS, BELANDA, INGGRIS, DAN JEPANG jdi kita harus mengingat jasa-jasa para pahlawan

  29. Adeee... says:

    GANTI NAMA “NUSANTARA” sesuai sejarah dan sang pendiri bangsa kita “Gajah Mada”
    “Indonesia” ternyata hanya nama turunan dari pemberian istilah orang2 Eropa….huuhuhuhu….
    ga jadi bangga lagi deh……………………

  30. zainuddin says:

    Ada yang bilang Merdeka Indonesia
    Merdeka dilihat dari mana,,,,gak sadar bahwa indonesia belum merdeka
    indonesia sekarang dijajah Oleh Indonesia sendri

  31. Nusantara says:

    Aku lebih senang dengan sebutan nusantara yg tercipta dari anak bangsa, bukan populer oleh karena bangsa lain. Cintai produk sendiri ya gan…

  32. agung hidayat says:

    Balik Ɩªªªƍɪ̣̇..
    Kyanya bagus nama NUSANTARA dari pada INDONESIA
    ..Maksudnya:
    Lebih enak kita pake nama dari orangtua sendiri dari pada di beri nama julukan dari org lain/temen..
    NUSANTARA tuh org kita banget, diberi nama oleh orang kita sendiri Patih gajahmada…bukan dari org asing ÿªήƍ gak tau harus nyebut pulau kita ªPª..lalu dia beri nama sendiri..

    I love NUSANTARA

  33. yulita says:

    Aku cinta Indonesia

  34. agus says:

    dilihat dari historicalnya lebih tepat nama negara kita NUSANTARA bukan Indonesia,

  35. fhuttre says:

    merdeka , pantang menyerah negeriku

  36. dhonald says:

    Ind-ONE-sia

  37. terimakasih atas postingannya,
    jika nama nusantara memiliki arti pulau-pulau yng berada di luar jawa, maka nama indonesia itu sendiri asal usulnys bagaimana?
    terimakasih ;)

  38. indunesios indonesia istilah yg berasal dari org2 luar negeri, sedangkan nusantara berasal dari dalam negeri atau pribumi sendiri.. INDONESIA lbh suka atau cocok dgn NUSANTARA

  39. Yo'iQ says:

    I Love Nusantara

  40. ImamAsyraf says:

    Apapn itu Aku Ttp Dukung Mu Indonesia qu Ayo Terus Maju Indonesia

  41. any says:

    bagus sip

  42. Mobiusb says:

    Sekedar posting Plesetan dri orang!!! katanya…. waktu Jepang di Bom Atom, kn pasukannya pd pul-kam dri NUSANTARA(sblum gnti”Indonesia”) DR.Sam Ratulangi buru2 memberitahukan ke IR.Soekarno katanya! Endou Ney Sia… (Artinya: ambillah dia/negara kita) IR.Soekarno dan rekan2nya mendengar “Indonesia” sampai akhirnya ketika memplomirkan kemerdekaan dengan awal kata: kami bangsa Indonesia…….!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s